Minggu, 09 Desember 2012

Investigasi Kosmetik Palsu Berbahaya

Friends, artikel saya kali ini adalah mengenai kosmetik palsu yang banyak beredar di luar sana bahkan dijual secara online dengan garansi 100% ASLI, Authentic dan lain-lain. Mulai dari perawatan kulit, obat pil sampai make up. Kebetulan saya sudah melakukan beberapa hasil investigasi terhadap produk-produk tersebut berikut hasil laporannya, silahkan di cek :


Produk Cream Wajah


Ini dia yang paling berbahaya, “secara” produk ini bisa diindikasikan mengandung merkuri. Ciri-ciri mengandung merkuri adalah teksture cream yang tidak mau menyatu jika dioleskan dan menampakan hasil yang super cepat.  Misalnya dalam 2 minggu jadi putih. Merk cream yang patut dicurigai komposisinya diantaranya sebagai berikut : Shanaya cream, Wallet cream, Tabita cream, Baby Pink, Cream Syahrini, Natural 99 cream dan lain-lain yang katanya "racikan dokter".

Awal saya mengenal produk pemutih pasaran ini bermula dari produk Shanaya Cream, yang ditawarkan salah satu teman adik saya yang menjadi artis dan muka dia kinclong banget. Akhirnya saya pun tanya-tanya, dia mengutarakan memakai Shanaya Cream asli dari dokter Maya, dan dia menjual produk ini seharga Rp 400.000 dengan isi sebagai berikut,  sabun cuci muka, cream malam dan cream pagi. Tambahan lagi, produk ini dijual terbatas, lewat kalangan khusus karena ini ramuan rahasia yang dipakai juga oleh para artis, dan yang banyak dijual di luaran sana adalah yang palsu, begitu katanya. Hasilnya? Produk ini memang ampuh!! Muka jadi putih, sayangnya entah mengapa ko jadi putih pucat, dan menurut nyokap saya yang memakainya, komedo jadi agak susah keluarnya dan mengeras, mungkin itu salah satu kelemahannya. Bahkan cream ini pernah saya pakai waktu ke Arab untuk merawat muka saya yang bopeng karena terbakar matahari serta menghilangkan bekas iritasi yang menghitam, dan terbukti benar-benar ampuh dalam hitungan hari!!

Dengan berbekal rasa penasaran saya terhadap siapa sebenarnya dokter Shanaya cream ini, akhirnya saya pun browsing, dan menemukan banyak sekali Shanaya-shanaya yang lain bahkan sampai ada serumnya segala. Sampai akhirnya saya menemukan seller yang terpecaya, karena menurutnya, Shanaya hanya ada cream tanpa serum, ini sesuai dengan perkataan teman adik saya yang artis itu. Saya pun mendapatkan cream Shanaya ini dengan harga lebih murah, yaitu Rp 250.000. Hasilnya? Sama saja dengan yang Rp 400.000. Bahkan tekstur cream dan baunya sama saja dengan yang Rp 400.000 apalagi kemasannya.

Sayangnya saya mulai curiga dengan cream Shanaya ini karena bentuknya serupa dengan cream lainnya seperti Wallet cream, Natural 99 cream dan Tabita cream bahkan cream "racikan dokter" lainnya. The most important adalah berapa ya nomer BPOMnya?? Hahaha tentu saja tidak ada. Kalaupun ada tidak ada yang benar-benar asli. Produk-produk tersebut juga ternyata tidak ada dokternya, hanya “katanya berdokter” tapi dokternya mana? Entah dimana keberadaannya. Tampilan produknya pun sama saja. Bahkan BPOM sudah jelas-jelas mengeluarkan bahwa Natural 99 Cream ini berbahaya!!. Silahkan dilihat sendiri foto penampakannya :

Wallet cream yang "katanya" Asli (atas)
dan yang katanya palsu (bawah)

Natural 99 Cream, Tabita Cream, dan Shanaya Cream

Daftar yang dikeluarkan BPOM mengenai Natural 99 produk berbahaya


Akhirnya karena saya tidak bodoh tapi pintar (#Hah?! apaan coba ini maksudnya?!) dan demi kemanan. Saya buang juga ini produk ke tempat sampah!! Lalu menuliskannya di blog!! heuheuheu. But, Masihkah di dalam diri teman-teman ada yang berkata, "Toh saya pakai tidak apa-apa, kadar merkuri-nya masih aman tuh!! ya itu memang hak teman-teman, tapi satu saran saya, silahkan browsing mengenai kanker kulit dan dampak pemakaian merkuri. TIDAK ADA kata lain selain MENGERIKAN!!

Ciri-ciri dampak pemakaian cream bermerkuri adalah wajah putih pucat tetapi jika dilihat dengan alat sebenarnya terdapat flek, tidak tahan terhadap sinar matahari, wajah gatal-gatal, komedo susah dikeluarkan, dalam waktu lama sering sakit kepala atau migrain bahkan yang paling parah adalah terkena kanker kulit. Mengenai ciri-ciri pemakaian merkuri jangka waktu panjang ini teman adik saya mengalaminya. Dia mengaku sering migrain dan komedo yang susah dikeluarkan setelah pemakaian cream wallet. Berikut saya kasih link yang bisa menjadi bahan referensi terhadap dampak pemakaian merkuri :
Oya Friends!! Cek lah setiap produk kecantikan yang beredar di Indonesia ke BPOM, klik saja websitenya www.pom.go.id demi keamanan karena bisa jadi nomer POMnya palsu. Terutama jika berbeda produk misal cream malam dan pagi tapi No POMnya sama semua, karena sepengetahuan saya, 1 jenis produk hanya memiliki 1 No POM.  Jadi WASPADALAH!!

Klik "Produk Teregistrasi"
untuk mengecek produk yang sudah terdaftar di BPOM


Cream dengan nomor POM yang tidak ditemukan dalam website BPOM

 Make up Palsu


Yang paling banyak dipalsukan di pasaran tiada lain dan tiada bukan adalah make up professional dengan brand MAC. Harganya? Jangan pernah tanya kalau ini produk murah, mahal sekali tentunya. Bahkan harga di luar negeri juga mahal. Produk palsu ini banyak sekali dijual di Facebook dan Kaskus dengan harga super duper miring. Masa bedak merk MAC ber-foundation hanya dibandrol dengan harga Rp 50.000?? kepalsuan juga terdapat pada produk-produknya yang lain, bahkan yang tidak ada pada website resminya ternyata ko keluar produknya di Indonesia? Sungguh aneh, bukan? Ada lagi seller yang menjual produk MAC KW mirip asli. Nah loh, jika KW maka yang buat siapa? bahan-bahannya apa saja? aman tidak tuh? jangan sampai karena KW pewarnanya pakai pewarna tekstil lagi. LOL

MAC palsu yang diakui asli
dan MAC yang "katanya" KW mirip asli 99%

Jadi demi keamanan, jangan langsung percaya pada satu seller, apalagi yang mengaku murah karena import. Jika harga jual sudah pasti lebih murah daripada harga asli di websitenya yang dibandrol dengan dollar maka jelas-jelas itu palsu!! Misalnya saja, harga asli bedak sudah $ 30 jika dirupiahkan dengan kurs Rp 10.000 saja sudah Rp 300.000, jika ada yang jual di bawah itu? Apalagi sampai berani bikin harga Rp 100.000, mau dapat untung darimana jika itu asli? Ongkos kirim produk dari USA ke Indonesia saja untuk di bawah 20 pieces sudah $ 11.


Produk Asli di website MAC

Cara mudah mencari seller terpecaya adalah dengan, membandingkan produk asli dengan yang baru dibeli. Beli saja produk yang paling murah yang dijual oleh seller. Lalu bandingkan dengan yang asli, dan dites di kulit tangan atau belakang telinga. Jika agak aneh, baik bau, warna, tekstur dan dampak pada kulit setelah di tes maka jelas-jelas itu palsu, walau harga jualnya pun mahal!! Dilihat dari segi warna, warna dari make up ini juga tidak oke banget. Misalkan warna terlalu dangdut alias mencolok sekali dan warnanya bahkan tidak menempel pada warna kulit. Masa untuk mendapatkan warna yang kita inginkan harus disapu berkali-kali? padahal itu brand ternama. So, demi keamanan selalulah mengecek pada website aslinya. Jika seller mengaku itu import maka jangan mudah percaya, tetaplah cek juga pada website asli luar negerinya mengenai harga dan keberadaan produknya.

Teman-teman juga bisa mencek keamanan suatu produk make up di website BPOM. Setiap produk yang diproduksi dan beredar di Indonesia sudah ada No. POM-nya yang tercantum di wadah kosmetik. Silahkan saja masukan nomornya pada website BPOM, jika kesulitan menemukan nomor POM maka masukan saja label/merk atau nama PT atau CV pembuatnya.

 Obat Kecantikan Berbahaya dan Palsu


Obat palsu ini banyak ditemukan pada produk pemutih Emilay, obat pelangsing Acai berry dan lain-lain yang marak dijual online. Bahayanya obat ini adalah karena kita meminumnya, jadi langsung masuk ke dalam tubuh. Membedakan yang asli dan yang palsu untuk produk ini agak susah sebenarnya apalagi seller sekarang sudah pintar-pintar.

Pernah saya membeli Acai berry dari seorang seller yang “getol” sekali menawarkan produknya di BBM, karena saya penasaran saya pun tanya-tanya dan akhirnya beli. Dia menjelaskan panjang lebar perbedaan palsu dan yang asli, berani menggaransi juga kalau barangnya itu 100% asli. Tapi setelah barangnya saya terima, ko ciri-cirinya mendekati palsu juga ya? Hahahahahaha. Sungguh jahat sekali itu sellernya?? Sudah gitu dia sering sekali kasih diskon jika beli banyak! Nah, ko produk bagus tapi diskonnya gila-gilaan?

Acai berry kemasan baru dan lama ( kiri ) dan
Emilay Whitening dari USA ( kanan )

So.. Guys!! sepanjang investigasi saya, sebaiknya untuk masalah produk yang beginian beli saja langsung ke website resminya apalagi jika ini produk buatan luar negeri. Jangan mudah percaya terhadap yang mengaku distributor, apalagi seller-seller yang tidak bermoral itu sob. Bahkan untuk produk Acai Berry badan riset Swedia sudah mengeluarkan pemberitaan berbahaya karena mengandung Subratamin yang dapat meningkatkan serangan jantung dan stroke. Setelah saya cek di BPOM juga ternyata entah mengapa produk Acai berry yang sudah ada PT resminya ini ko belum terdaftar ya? apa saya yang salah memasukan data? LOL. Khusus untuk produk Emilay, ini saya bolak-balik ke mbah google tapi tidak pernah menemukan website asli USA-nya. Padahal produk ini kan dari USA ya? sungguh aneh.

Then.. Friends!! Cantik memang tidak harus mahal, tapi bukan berarti jadi jelek karena tergiur produk murah berbahaya juga kan?! Mencintai diri sendiri apa adanya lebih berharga daripada tidak puas dengan ciptaan Tuhan dan ingin merubahnya, yang hitam jadi putih misalnya. Seharusnya jika ingin menjadi cantik dan menghargai sang pencipta rawatlah yang telah diberikan dengan cara yang aman bukan malah merusaknya. *wink*

51 komentar:

Arti Biogas mengatakan...

Kata temenku yang kuliah di farmasi juga begitu acaiberi tuh bahaya

Salsabila Beauty Care mengatakan...

emilay indonesia ada ko itu produk resmi ko.coba buka deh website emilay indonesia

Hnie Calista mengatakan...

@Salsa: mba salsa. Memang betul Emilay ada website Indonesianya. Tapi mana website USA-nya? Kan katanya produk ini nomer 1 di USA?? Kalau memang beneran nomer 1 dari USA harusnya ada website USA-nya. Sama seperti cosmetics NYX atau MAC. Ada website indonesia dan Luar negerinya.

zella rose mengatakan...

setuju bgt dengan insvestigasi ini. be smart doong... juga buat para seller,.. sebaiknya jualan produk yg aman2 aja, jngan yg penting dapet untung dari jualan tapi MENYESATKAN org lain(pembeli anda jadi korban atas kesalahan anda).

Iqbal Prasetyo mengatakan...

wah :O bener juga nih perkiraaan selama ini, brand brand yang gajelas kayak gitu pasti gak aman -__-

temenku ortunya punya yang wallet wallet gaje itu, dia ngotot katanya itu amanlah, mahal lah dll -__- ternyata emang bener... bener palsunya itu produk XD

gatau deh kenapa meski udah di koar koarin kayak gini, masih aja ada yang beli cream cream begituan, apalagi pil pil yang begituan hadaeeh..

btw visit back ya kak kalau gak keberatan :D

jsyfl1113.blogspot.com

Hnie Calista mengatakan...

@Iqbal: karena hasilnya memang bagus di awal. Perempuan kan selalu ingin cantik ♥.
nanti deh kalau sudah bertahun-tahun dan merasakan efek merkurinya : sering migrain, kanker kulit, wajah rusak. Baru sadar.. :))

Nb: sudah di visit back ya..

Anonim mengatakan...

beneran nih... aku mau nanya yg aku sendiri beranggapan bahwa pertanyaanku ini adalah "Pertanyaan Tolol". sooo... (kita bicara perawatan wajah ya), yg aman untuk digunakan adalh yg jelas tercantum di bpom kan??.
dan sangat berharap bpom melakukan pengawasan dgn sebaik baiknya terhadap produk yg sudah terdaftar di badannya. hhmm.... *shanty*

Hnie Calista mengatakan...

Hai Shanty. Yups!! Yang bisa menjadi harapan utk mematok aman atau tidak y saat ini hanya dengan mencari di daftar BPOM. Atau bisa juga dg melakukan tes Laborat sendiri. Jd kita bawa sampelnya ke Laborat.

Saya sudah mencari cream yang tercantum di POM. Cream dari Beauty center besar seperti Natasha misalnya sudah masuk ke POM. Kalau belum masuk ke POM sebaiknya dihindari siapa tahu itu berbahaya kan?! *wink*

Anonim mengatakan...

natasha tu cream yg mana yea....

Hnie Calista mengatakan...

Natasha itu skin care-beauty center. Googling aja. Cukup terkenal ko :))

Anonim mengatakan...

Saya kmrn bli wallet herbal mb , dtemenku yg bidan . Katanya sih itu cream racikan dr budhenya dan mau dcari'in bpom .. Tp baca blog ini kog jd takut yya sayaa :(

Anonim mengatakan...

mau nambahin dikit (maaf....gak bermaksud sok tau) produk Natasha ada yang bahaya juga lho..(cek di http://creampemutihwajah.com/sertifikat-bpom-adha/)
Semoga infonya bermanfaat...:)

Anonim mengatakan...

sorry...salah copas...ceknya disini https://www.box.com/shared/d7i7gs2mb9p0enknhl5p

evi siska mengatakan...

Terimakasih infonya..SANGAT BERMANFAAT.

Salam.
Vie

Tuti Ekosiwi mengatakan...

Saya juga lagi cari sumber2 ttg produk kecantikan berbahaya soalnya BPPOM tgl 12 mei kemarin menemukan lagi beberapa kosmetik berbahaya ( tayang di seputar indonesia RCTI, ada di sindonews lengkapnya ). Salah satunya produk dari dokter SpKK, tertera kok nama dokternya. Selama ini saya juga percaya betul klo produk dari dokter aman, tapi setelah baca sindonews jadi berfikir juga. Betul juga kata Hnie Calista harusnya ada tuh no register dari BPPOM klo memang aman ya. Selama ini yg saya pakai dari dokter gak ada nomor apapun. Btw tq infonya ya semoga bermanfaat,,,

husnul fakhruddin mengatakan...

kalo krim esther itu gimana ya?

amirah shazlina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
mysha mengatakan...

tfs ya sis^^

harus lebih sering mengedukasi masyarakat khususnya kaum wanita spy lebih hati2 dalam mengkonsumsi produk2 kecantikan. soalnya yang dipertaruhkan adalah kesehatan :)

Anonim mengatakan...

duh untung ketemu web ini...
saya rencana mau beli emilay tapi jadi takut

so kalu tathion korea gmn mbak aman gak ya ?

DAPHIE mengatakan...

ada yg tu ttg produk klip 80? mohon infonya

thika mengatakan...

makasih mak buat reportase nyaaaa <3

windhy puspita sari mengatakan...

kalo mau aman liat no bpom nya aja ada atau nggak , kalo pun ada cek lgi di web resminya bpom , no bpom produk itu asli atau nggak , karena bnyk juga produk yang ngasal no bpom nya

Hnie Calista mengatakan...

Teman-teman terima kasih respon-nya, semoga bermanfaat artikel saya ini. mengenai produk lainnya sebaiknya di masukan saja ke website BPOM nomer POM-nya, kecuali jika teman-teman beli produk import. Produk import juga hati-hati ya dengan sellernya, terpecaya atau tidak :))

Hnie Calista mengatakan...

@Amirah : terima kasih Link-nya, itu yang diberikan adalah Link Indonesia yang saya maksud dalam post. Saya hanya sedang mencari link dari Amerika-nya langsung, bukankah produk ini adalah produk nomer 1 dari amerika? lalu mana link-nya? jika dulu pernah ada dan sekarang tidak ada,lalu kemana perusahaan amerikanya? dan kenapa link indonesianya masih ada kalau amerika-nya sendiri sudah tidak ada? :))

luh ani mengatakan...

sis, ada produk cream placenta dari PT. Sparindo Mustika. Ada BPOM nya, apakah itu aman sis?
Ini linknya.
http://www.produkgrosir.com/i17-Kesehatan-Kecantikan/c185-Perawatan-Kulit/p65483-Paket-Cream-Placenta-Bpom/

Hnie Calista mengatakan...

Hello sist Luh,

Sy tidak bisa memastikan apakah no POM produk tsb benar2 ada atau tidak di database BPOM krn sy sendiri tidak tahu berapa nomer POM produk tsb.

Cb sist tanyakan pada penjual nomer POM-nya lalu sist ba langsung cek di website pom.go.id, apakah nomer itu benar2 ada atau tidak.

Anonim mengatakan...

Bikin website doang apa susahnya sih.. jaman skr kredibilitas suatu badan usaha itu ga bisa hanya ditentukan dari website.. mending pake yang pasti2 aja deh..

Anonim mengatakan...

emilay itu bkn dari USA, wong disana yang laku tuh tanning pil atau pencoklat kulit ;) be smart

adeshasty (Sri Hastutie) mengatakan...

mau tanya dong... klu krim merk ROSE yg kemasannya warna merah itu aman ga ya????

b4d1l mengatakan...

sis mau tanya donk...
sih dr ananta punya obat bermercury gak sih??
thanks,

Anonim mengatakan...

Kalau cream esther tu aman g sih ?

Fansi mengatakan...

Sis, kalo produk dari luar kayak MAC, Urban Decay, TheBalm, e.l.f dll itu kan ga masuk BPOM, tapi kira2 bahaya gak? Hehehe.

Park ri young (Aegyomi) mengatakan...

Ikut sharing donk....
Kalo suntik putih kan bahaya ,kalo body lotion ribet n g merata .kalo obat yg untuk mmutihkan badan yg cpt Dan aman apa yah.lg pingiiiinnn bgt putih nih.
Thanks b4.

Hanifa Meiske Calista mengatakan...

Hello Park, kamu mending ke dokter specialis kulit aja deh ya kl gt. Cuman se canggih apapun dokternya kalau merubah ciptaan awal Tuhan pasti ada resikonya juga, misalnya michael Jackson. Dari berkulit hitam ke kulit supeer putih, akibatnya dia ga bisa kena cahaya matahari. Kemana-mana pakai masker, kemana-mana dipayungin :))

Mensyukuri apa yg sudah ada lebih baik. Tinggal dirawat aja.

Hanifa Meiske Calista mengatakan...

Dear @Fansi, tidak berbahaya kalau memang itu produk Asli, kecuali kl kamu beli yang palsu. *wink*

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Sandra Vilove mengatakan...

ada juga emilay kapsulnya warna ijo tua!serrremmmm yaachh

Raden Yuliasih mengatakan...

Thank you infonya bermanfaat banget. Ke dokter kulit juga belum tentu aman loh ternyata, banyak yang meresepkan racikan mengandung elocon. Ternyata elocon ini mengandung steroid dan tidak untuk digunakan jangka panjang. Padahal kalau creamnya tidak dipakai, gatal-gatal. Saya sedang mencoba menghentikan sedikit-sedikit cream dari dokter kulit beneran yg praktek di rs ternama. Paling enak kalo udah nemu perawatan kulit yg jelas-jela ada konternya dan cocok.

Anonim mengatakan...

thaNK's bgt infonyaaaaa :)

Anonim mengatakan...

kira2 aDA yang tau gak produk aman yg bisa ngilangin komedo dan bekas jerawat????
mksh... :)

Anonim mengatakan...

As salam...saya dari Malaysia. Saya dah banyak google tentang emilay whitening product untuk mengetahui selamat atau tidak produk ini. Check dengan kementerian kesihatan malaysia semua..baca artikel2. Pencarian saya selama 5 jam. Kerana terlalu ramai yg menggunakan produk ini. Terlalu murah di Malaysia membuatkan saya musykil. Dan alhamdulillah, saya terjumpa blog kamu yg padat dengan informasi..thanks yach!

wiwinmagte mengatakan...

saya cowk usia 24 thn, baru sebulan pakai shanaya.apakah serius berbahaya buat kulit ? dan POM nya tdk terdaftar yah ?

Hnie Calista mengatakan...

@wiwinmagte : jika tidak terdaftar di POM tidak bisa digaransi itu produk aman. :))

Anonim mengatakan...

Daripada buang2 uang untuk produk yg gajelas gt mending sekalian beli produk yg aman n terpercaya,harganya jg sama aja sm produk abal2 kalo diitung2,skrg kalo cream2 gt pake nama dokter? Aneh...kalo emg buatan dokter pasti itu bener2 protec alias ga sembarangan jualnya karena creamnya tu beda2 jenisnya ada yg buat acne,normal,minyak,kering,dll.....cream2 buatan dokter tu yg terpercaya cuma ada di skin care*bukan skin care jualan online tp skin care yg nyediain fasilitas konsultasi sm dokter lsg n perawatan plus creamnya ya* n kalo mau pake produk2 kecantikan diluar skin care cari aja produk2 yg masuk iklan2 tivi karena mereka bikin iklan pasti udah ada pom nya dll nya , :)

indah mengatakan...

sist, gmna kalo dengan baby pink asli ??
apakah itu berbahaya ??
wktu aku SMA muka aku mulus banget, tpi skrg malah jerawatan, gmna yah bisa kembali lagi ?? kasih saran dong sist..
thanks yaahh

Hnie Calista mengatakan...

Baby Pink nggak ada yang asli atau palsu sist. Semuanya sama saja = tidak ada nomer POM = TIDAK aman. Jangan terpengaruh sama cream pemutih kaya gitu.

Untuk jerawat mungkin karena perubahan hormon, atau efek memakai kosmetik berbahaya. Silahkan konsultasikan ke dokter kulit. Thx u :))

ade widaningsih mengatakan...

Kǻ̀ℓƠ̴̴͡ BPS aman ga sis?
Tolong info nya...

isal noah mengatakan...

Kalau produk cream bengkoang oriens apa aman??? & apakah cream palsu & no bpom bisa d imitasi???
Contoh: produk pond's yg d buat palsu dgn no bpom yg asli!!!
Satu lagi, bgmna cara mengetahui produk cream berbahaya!!! Please d jawab!

Anonim mengatakan...

Esther amam gak sih? Yg whitening s-m. Soalnya dilist cream berbajaya yg gaaman yg bleaching:(

Anonim mengatakan...

Mendingan pake nourish skin sama tje fuk. Aman tuhh hehehe #soktaugua

Anonim mengatakan...

kalo krime rose itu bahay juga ga?

Poskan Komentar